Home >> Pendidikan >> Anak Lapas Tangerang Ikut UN SD

Anak Lapas Tangerang Ikut UN SD

Hari ini Senin, 18 Mei 2015 adalah hari pertama UN tigkat SD dilaksanakan di seluruh Indonesia. Semua siswa sekolah tingkat SD baik itu SD Negeri, Swasta atau Mi berhak mengikuti UN. Tidak ada batasan juga dimana pun mereka berada, di perkotaan, di pedesaan, di pelosok – pelosok, di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) atau bahkan mereka yang saat ini berada di Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) juga berhak mengikuti UN seperti yang terjadi pagi ini di Lapas Anak Kelas IIA, Kota Tangerang, Banten.

Pemandangan berbeda hari ini terlihat di Lapas Anak Kelas IIA, Kota Tangerang dimana pagi ini anak lapas yang memiliki pendidikan tingkat SD mengikuti UN tingkat SD. Ada 14 anak lapas Tangerang yang hari ini mengikuti Ujian Nasional.

Anak lapas yang mengikuti UN kali ini umumnya adalah mereka yang terlibat berbagai kasus tindak kriminal. Ada anak yang terlibat dalam kasus pencurian, pemakai narkoba bahkan ada juga yang terlibat kasus pembunuhan.

Meskipun keadaan mereka saat ini ada di lapas namun ini tidak membatasi mereka untuk tetap mendapatkan pendidikan sekaligus bisa mengikuti UN tingkat SD. Sino, Kepala Sekolah Lapas Anak Kelas IIA Tangerang mengatakan pihak lapas memberikan hak warga binaan untuk tetap mendapatkan pendidikan sesuai dengan kemampuanya. Mereka juga berhak untuk mengikuti Ujian Nasional tingkat Sekolah Dasar.”

Dia menambahkan, “tahun ajaran 2014/2015 ini ada 14 napi yang mengikuti UN tingkat SD. Mereka yang ikut UN ini terlibat dalam berbagai kasus tindak kriminal seperti mencuri, memakai narkoba ada juga yang membunuh.”

Sebelum mengadakan UN tingkat SD di Lapas Anak Kelas IIA Tangerang, pihak lapas juga telah memberikan pendidikan kepada para napi dan melakukan beberap kali try out UN. Tujuanya supaya para napi ini juga siap ketika harus mengerjakan soal UN yang sesungguhnya. Pihak lapas juga menerangkan bahwa tidak aa perbedaan juga untuk soal UN yang diberikan kepada anak lapas. Isi soal juga sama seperti yang diberikan pada siswa sekolah umum.

Leave a Reply