Home >> Berita Jatim >> Aksi Demo Supir Angkutan Umum Sidoarjo – Surabaya Tolak BTS Beroperasi

Aksi Demo Supir Angkutan Umum Sidoarjo – Surabaya Tolak BTS Beroperasi

Pagi ini, Senin 18 Mei 2015 Pendopo Kabupaten Sidoarjo dan Gedung DPRD Sidoarjo kedatangan banyak tamu. Bukan para pejabat atau undangan dinas yang beramu, melainkan ratusan supir angkutan umum jurusan Sidoarjo – Surabaya beserta mobil angkutanya.

Tujuan para supir angkutan umum jurusan Sidoarjo – Surbaya mendatangi Pendopo Kabupaten Sidoarjo dan Gedung DPRD Sidoarjo adalah untuk melakukan aksi demo menolak akan dioperasikanya Bus Trans Sidoarjo atau dikenal dengan nama BTS. Bus ini rencananya akan dioperasikan untuk jurusan Bungurasih – Porong.

Supir angkutan umum jurusan Sidoarjo – Surbaya menolak jika BTS dioperasikan karena jika bus – bus ini nanti ikut berjalan mencari penumpang maka pendapatan supir angkutan umum jurusan Sidoarjo – Surabaya akan mati. Sekarang saja dalam sehari para supir angkutan umum ini mengaku hanya bisa meraup hasil Rp 50 ribu. Jika nanti BTS ikut beroperasi, supir angkutan umum jurusan Sidoarjo – Surabaya khawatir pendapatan mereka tidak cukup untuk mencukupi kehidupan sehari – hari.

“dalam sehari jalan paling dapat hasil tidak lebih dari Rp 50 ribu. Untuk uang saku anak Rp 20 ribu, belum untuk keperluan dapur dan yang lainya. Kalau nanti BTS jadi beroperasi sama saja membunuh kita,” pungkas Suparman, salah satu supir angkutan umum jurusan Sidoarjo – Surabaya.

Kepala Bidang Angkutan dan Sarana Prasaran Darat Dishub Sidoarjo, Edi Sutiono menuturkan angkutan umum itu jumlahnya yang beroperasi sejak dulu sudah berkurang. Berkurangnya ini bukan karena BTS. BTS nanti tiak akan melalui jalur yang sama dengan jalur angkutan umum. BTS hanya akan berhenti di halte – halte yang sudah disediakan oleh dinas perhubungan. Naik dan turunya penumpang hanya di halte bukan di sembarangan pinggir jalan.

Nantinya akan dioperasikan 30 unit BTS. Untuk jalurnya, BTS akan menggunakan jalur tol dari terminal Bungurasih, Surabaya menuju Sidoarjo. Untuk turunya di Pondok Jati, Candi, Tanggulangin dan juga Porong. Untuk kembalinya, BTS akan melewati Tanggulangin, Candi, Kota Sidoarjo kemudian lewat told an terakhir di terminal Bungurasih.

Aksi demo supir angkot dilakukan dengan memarkir mobil angkutan mereka berjajar rapi di depan Pendopo dan gedung DPRD Sidoarjo. Aksi barikade jalan ini membuat lalu lintas jalan di depan pendopo dan gedung DPRD mati total.

Leave a Reply