Home >> Peristiwa >> Polisi Berhijab Berjaga Saat Jumatan

Polisi Berhijab Berjaga Saat Jumatan

Siap siaga dan memberikan pelayanan kepada masyarakat adalah salah satu tugas dari aparat kepolisian. Namun bagaimana jika datang waktu untuk sholat jumat? Lalu siapa yang berjaga? Sebagaimana kita ketahui sholat jumat itu wajib bagi orang islam laki – laki, termasuk juga polisi laki – laki hukumnya wajib untuk jumatan.

Pemandangan berbeda terlihat akhir – akhir ini. Setiap waktu jumatan tiba, terlihat para polisi wanita atau polwan yang berhijab datang ke masjid – masjid bukan untuk mengikuti sholat jumat tetapi untuk berjaga dan mengamankan saat polisi laki – laki jumatan.

AKP Elis Suendayati, Kasubbag Humas Polres Tuban mengatakatn, “polwan berhijab berjaga waktu jumatan itu merupakan program unggulan Polres Tuban.”

Para polwan berhijab ini bahkan sudah sejak pukul 11.00 WIB sudah bersiaga di sekitar masjid. Selain mengamankan, mereka juga membantu warga menyeberang jalan untuk menuju ke masjid.

Penjagaan oleh Polwan berhijab ini tidak hanya dilakukan di kota saja tetapi juga dilakukan di masjid – masjid yang ada di kecamatan. Untuk tugas yang berjaga di masjid – masjid yang ada di kecamatan dilakukan oleh anggota polsek masing – masing.

Disetiap berjaga saat jumatan, ada sekitar empat polwan yang diluncurkan di setiap lokasi. Keberadaan polwan berhijab berjaga di masjid saat jumatan bisa membuat para warga lebih aman dan nyaman sehingga ibadah jumatan juga bisa lebih khusu’ tanpa perlu khawatir memikirkan kendaraan yang mereka parkir. Ya memang selama ini tindak criminal pencurian kendaraan bermotor kerap kali terjadi saat pemiliknya sedang melakukan ibadah sholat jumat.

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh AKP Elis Suendayati, “program keberadaan polwan berhijab berjaga saat jumatan ini selain untuk mengatur lalu lintas, juga bertujuan untuk mencegah aksi criminal seperti curanmor atau aksi lainya. Program ini diharapkan bisa membuat warga meras nyaman melakukan ibada.”

Polisi laki – laki juga bisa lebih tenang saat beribadah sholat jumat karena beban tugasnya sementara ada yang menggantikan untuk berjaga. Program oleh Polres Tuban ini sangat diapresiasi oleh para warga demi kelancaran beribadah.

Leave a Reply