Home >> Wisata >> Goa Eksotis di Dalam Tambang Kapur

Goa Eksotis di Dalam Tambang Kapur

Para penambang batu kapur ini takjub setelah mereka menggali hingga kedalam 20 meter ditemukan goa bagitu eksotis. Warga Dusun Mahbeser, Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban yang mendengar kabar penemuan goa eksotis tersebut langsung berdatangan ingin melihat seeksotis apa gua di dalam lokasi tambang batu kapur tersebut.

Purwanto, pemuda asal Desa Tuwiri Kulon, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban mengatakan goa ini awalnya ditemukan oleh para penambang yang sedang melakukan aktivitas galian di lokasi tambang batu kapur tersebut.

Menurutnya di lokasi tambang batu kapur tersebut telah ditemukan dua goa eksotis. Goa yang pertama ditemukan oleh para penambang batu kapur sekitar satu tahun yang lalu. “Goa yang pertama lebih bagus dan lebih luas, di dalamnya juga banyak stalaktit yang menyerupai krsital. Namun sayangnya goa tersebut susah untuk dimasuki lantaran mulut goanya masih sempit dan juga masih tertutup bongkahan batu besar,”tambahnya.

Di dalam dua goa yang ditemukan oleh para penambang itu, terdapat banyak stalaktit dan stalakmit dengan berbagai ukuran. Ada salatit dengan ukuran yang begitu besar hingga menyentuh tanah. Melihat ukuranya, diperkirakan stalatit ini sudah berusia ratusan tahun.

Penemuan goa eksotis ini masih menjadi banyak buah bibir warga di mana – mana. Kabar ini juga mengundang banyak orang ingin melihat meski aktivitas pertambangan batu kapur masih berlangsung di sana.

Warga berharap, penemuan dua goa eksotis di lokasi tambang batu kapur ini bisa menjadi destinasi baru untuk berwisata. Mereka berharap dua goa ini dikelola dengan baik dan keindahanya bisa dinikmati banyak orang. Namun yang menjadi masalah adalah goa ini terletak di lokasi tambang batu kapu yang sudah menjadi milik seorang pengusaha.

Namun jika nanti ternyata penemuan goa eksotis ini benar – benar dikelola sebagai tempat wisata, maka tidak menutup kemungkinan tempat ini juga bisa menjadi alternative tempat wisata lain yang menakjubkan di tuban dan sekitarnya. Warga yang berkunjung dari WBL atau goa maharani juga bisa mampir ke goa eksotis ini bila nanti goa ini benar – benar di kelola untuk dijadikan tempat wisata.

Leave a Reply