Home >> Otomotif >> Motor >> Cara Membuat Motor Matik Melesat Cepat

Cara Membuat Motor Matik Melesat Cepat

Beberapa bikers yang sudah hafal seluk beluk motor bebek atau sport ketika berpindah ke motor matik bisa jadi gagu. Namanya motor matik, di sana tidak ada lagi yang namanya tuas kopling di tangan atau pun juga gigi perseneling di kaki. Bikers hanya perlu tarik tuas gas dan motor matik akan langsung melesat.

Namun banyak bikers yang mengeluh merasa akselerasi motor matik tidak bisa secepat motor sport atau pun motor bebek. Tuas gas sudah di tarik penuh namun akselerasinya masih payah. Untuk motor matik yang masih baru mungkin akselerasinya masih bagus bahkan bisa melesat cepat namun tidak dengan motor matik yang kurang perawatan. Tuas gas sudah ditarik namun akselerasi masih lambat dan mesin tidak bertenaga. Dan yang paling terasa adalah saat digunakan untuk menaiki jalan yang menanjak dan saat digunakan untuk berboncengan.

Ada beberapa cara membuat motor matik melesat cepat. Berikut ini tipsnya untuk para bikers:

  1. V-Belt

Berbeda dengan motor sport atau motor bebek, motor matik tidak menggunakan rantai untuk menggerakan roda belakangnya. Motor matik mengganti penggunaan rantai dengan V-Belt. Agar motor matik bisa melesat cepat gunakan v-belt degan ketahanan yang tinggi dan tidak mudah kendur. Belt yang baik akan mengurangi powe lost dan bisa meningkatkan tenaga hingga lima persen. Penggunaan bahan bakar pun juga akan semakin irit sekitar 8-10 persen. Dengan penggunaan v-belt yang tepat motor matik bisa melesat cepat.

  1. Roller weight

Komponen ini ada di balik puli depan. Berat standarnya umumnya adalah 10,6 gram. Jika ingin akselerasi lebih ringan diputaran mesin bawah, maka bisa menggunakan roller weight dengan bobot yang lebih ringan.

  1. Rumah roller

Rumah roller merupakan tempatnya roller. Dengan menghaluskan alur roller yang ada di rumah roller, maka roller akan lebih mudah terlempar. Efeknya akselerasi menjadi lebih ringan. akselerasi ringan bisa membuat motor matik melesat cepat saat tuas gas dibuka.

  1. Per CVT

Per CVT bisa mempengaruhi akselerasi motor matik. Dengan menggantinya dengan per CVT yang lebih keras, akselerasi motor matik bisa lebih cepat. Hasilnya motor matik akan melesat cepat saat tuas gas ditarik.

Leave a Reply