Home >> Peristiwa >> Rekomendasi Partai Demokrat untuk Pemerintah

Rekomendasi Partai Demokrat untuk Pemerintah

Partai Demokrat telah selesai melaksanakan kongres IV di Ballrom Hotel Sangrila, Surabaya. Kongres diadakan dari tanggal 11 – 13 Mei 2015. Kongres tersebut juga bertujuan untuk mengangkat Ketua Umum Partai Demokrat periode 2015 – 2020. Kongres akhirnya menetapkan Susilo Bambang Yudoyono (SBY) sebagai Ketua Umum Partai Demokrat 2015 – 2020.

Kongres yang diadakan di Surbaya selama tiga hari itu juga mengeluarkan beberapa rekomendasi untuk pemerintah. Rekomendasi itu kemudian dibacakan oleh Ketua Umum baru mereka Susilo Bambang Yudoyono (SBY).

Rekomendasi Partai Demokrat untuk Pemerintah:

  1. Menjaga dan menghidupkan kembali iklim kampanye pemberantasan korupsi. Pemerintah supaya mengutamakan tindakan pencegahan dan supaya tetap agresif dalam memberantas korupsi tanpa pandang bulu. Pemerintah juga supaya tenang dan tidak gegabah dalam menetapkan tersangka serta tidak dibumbui dnegan unsure politik, subyektif dan lainya dan untuk putusan pengadilan diharapkan adil dan obyektif.
  2. Pemerintah diharapkan bisa menyelamatkan KPK dan Polri.
  3. TNI dan Polri dibebaskan dari lingkaran politik
  4. Pemerintah supaya mengembalikan dan menghidupkan kembali program – program yang pro rakyat
  5. Untuk pembangunan infrastruktur, pemerintah sebaiknya memadukan APBN, APBD dan juga swasta.
  6. Menjaga dan menghidupkan kembali MP3EI.
  7. Mengelola perekonomian nasional dengan mengeluarkan kebijakan yang tepat sasarn serta dilakukan dengan tindakan yang efektif
  8. Menjaga kedaulatan negara dan tegaknya wilayah NKRI namun tetap menjaga hubungan internasional
  9. Pemerintah supaya mendukung kehidupan bernegara yang sehat termasuk tegaknya nilai demokrasi kepatuhan bersama atas pranata hukum dan etika berpolitik yang baik.
  10. Partai Demokrat berharap Pemerintah untuk kapabel, akuntabel, transparan, responsive dan taat aturan.

Dengan kembali diangkatnya Susilo Bambang Yudoyono sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, partai ini nampaknya ingin kembali memperbaiki citra partai yang pernah runtuh pada pemilu lalu akibat sejumlah Kader partai yang terjerat kasus korupsi. Di pemilu 2019 nanti, Partai Demokrat ingin bangkit dan kembali menjadi partai bersih yang jauh dari korupsi. Penetapan SBY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat 2015 – 2020 mendukung penuh upaya pemerintah untuk terus memberantas korupsi. Institusi KPK dan Polri menurutnya harus diselamatkan. Kedua instansi tersebut tidak boleh terganggu fungsi dan tugasnya karena intervensi kepentingan per orangan.

Leave a Reply