Home >> Gaya Hidup >> Modifikasi Motor yang Paling Tren Saat Ini

Modifikasi Motor yang Paling Tren Saat Ini

Modifikasi motor standar hingga saat ini masih banyak digandungri oleh para bikers. Gaya atau aliran bikers juga mempengaruhi gaya modifikasinya. Seperti orang yang menyukai gaya 80an akan cenderung lebih memilih gaya retro untuk modifikasi motornya. Sama halnya juga dengan para anak muda yang suka ngebut, gaya drag race adalah pilihan mereka.

Namun dari beberapa gaya modifikasi, gaya scrambler klasik adalah modifikasi motor yang paling tren saat ini. menurut Ariawan Wijaya, pemilik Bengkel Motor Sport di Jakarta Barat, “modifikasi motor bergaya scrambler klasiklah yang paling diminati oleh para bikers saat ini.”

Modifikasi motor scrambler klasik memiliki ciri – ciri:

  1. Ban lebih tebal dan lebar
  2. Tangki bensin kecil
  3. Jok atau tempat duduk di buat sesederhana mungkin

Beberapa bikers menyulap motor barunya dengan gaya modifikasi scrambler klasik karena menurut mereka tren klasik memiliki daya tari tersendiri. “modifikasi motor biasanya tergantung selera si pemilik motor. Ada bikers yang menyukai gaya klasik, sport, futuristic dan lain sebagainya. ada pula yang mengkombinasikan modifikasi klasik dengan aliran yang lainya,” ujar Ari.

Bengkel miliknya, sering kebanjiran bikers apalagi saat weeken tiba. Banyak bikers yang mengambil motor yang sudah kelar di modif. Ada pula bikers yang minta motornya dimodifikasi ala modifikasi motor scrambler klasik.

Hal yang sama juga diakui oleh Donny, pemilik rumah modifikasi Hantu Laut di kawasan Haji Nawi Raya, Jakarta Selatan. Menurut dia, gaya modifikasi scrambler klasik dan street tracker adalah yang paling tren saat ini. gaya modifikasi motor ini telah berhasil menggeser tren modifikasi motor dengan gaya care racer yang juga sempat banyak diminati oleh para bikers sebelumnya.

Menurut Ariawan, “ tren modifikasi motor saat ini cenderung ke arah scrambler atau tracker. Kedua aliran ini sebenarnya memiliki kesamaan. Keduanya masih sama – sama terlihat gaya klasik. Namun ada keduanya memiliki cirinya masing – masing.”

Modifikasi motor street tracker memiliki ciri – ciri semi trail hasil pengawinan antara gaya motor tracker dengan motor jalanan. Ciri khasnya tampilan trail jadul dengan ground clearance yang lebih tinggi tetapi ban yang digunakan bukan tipe ban penggaruk tanah melainkan menggunakan ban biasa.

Leave a Reply