Home >> Wisata >> Kuliner >> Makanan Khas – Wingko Babat Lamongan
Wingko Babat satu jajan khas Kabupaten Lamongan Jawa Timur

Makanan Khas – Wingko Babat Lamongan

Salah satu makanan atau jajanan khas lamongan adalah WINGKO sekaligus sebagai makanan tradisional khas di indonesia. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa dan bahan-bahan lainnya. Wingko sangatlah terkenal di Lamongan terutama di Kecamatan Babat Lamongan. Berbagai macam merk wingko dapat Anda temukan di Kecamatan Babat, mulai dari hasil industri kecil rumahan hingga industri besar yang telah memiliki nama besar di Indonesia. Bahkan di salah satu perusahaan wingko terkenal di Babat, Anda bisa melihat secara langsung proses pembuatan wingko maupun jenang yang merupakan hasil lain yang diproduksi perusahaan ini. Rasa wingko-pun semakin beragam, bukan hanya rasa kelapa namun juga bisa Anda temukan wingko dengan rasa pisang, coklat, maupun keju.

Salah satu makanan atau jajanan khas lamongan adalah WINGKO sekaligus sebagai makanan tradisional khas di indonesia. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa dan bahan-bahan lainnya. Wingko sangatlah terkenal di Lamongan terutama di Kecamatan Babat Lamongan.

Berbagai macam merk wingko dapat Anda temukan di Kecamatan Babat, mulai dari hasil industri kecil rumahan hingga industri besar yang telah memiliki nama besar di Indonesia. Bahkan di salah satu perusahaan wingko terkenal di Babat, Anda bisa melihat secara langsung proses pembuatan wingko maupun jenang yang merupakan hasil lain yang diproduksi perusahaan ini. Rasa wingko-pun semakin beragam, bukan hanya rasa kelapa namun juga bisa Anda temukan wingko dengan rasa pisang, coklat, maupun keju.

Wingko Babat adalah sebuah kudapan yang berbentuk bulat pipih, dengan aroma harum, memadukan rasa manis gula dan gurihnya kelapa. Kecamatan Babat merupakan tempat pertama kali dibuat sehingga namanya Wingo Babat. Wingko Babat sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Lamongan.

Wingko dapat dibuat dengan alat dan bahan yang sederhana dan mudah diperoleh. Wingko dibuat dari kelapa muda parut, tepung ketan, dan gula pasir. Pada mulanya Wingko dibuat dengan rasa alami kelapa dan gula saja, kini wingko dapat diperoleh dengan berbagai rasa. Aromanya yang harum khas kelapa dengan rasa manis dan gurih memang memberikan rasa tersendiri.

Leave a Reply