Home >> Wisata >> Wisata Prasasti Dan Sendang Gede Ngimbang Lamongan
Sendang Gede di Kecamatan Ngimbang Lamongan

Wisata Prasasti Dan Sendang Gede Ngimbang Lamongan

Lamongan kaya dengan wisata, baik di daerah utara maupun di daerah selatan termasuk salah satunya adalah kecamatan ngimbang. Ngimbang terkenal dengan hutan dan tanah kapurnya. Di Kecamatan Ngimbang terdapat salah satu wisata Prasasti dan Sendang gede yang terletak di desa ngimbang. Tetapi wisata tersebut lebih di kenal wisata ngimbang atau situs ngimbang.Nama ini tertera pada papan penunjuk arah yang berada di sekitar lokasi. Prasasti ini terletak di sebelah barat pasar Ngimbang, sekitar ± 2 km. Dari tepi jalan tersebut kemudian belok ke arah utara sekitar 200 m, terdapat sebuah sendang yang cukup luas (sehingga penduduk sekitar menyebutnya Sendang Gede). Nah, Prasasti tersebut berada di belakang sendang tersebut (dilihat dari posisi sekarang). Lokasi prasasti ini juga berada di depan kompleks pemakaman umum Dusun Ngimbang.Prasati ini dalam kondisi masih terpendam sepertiga dari ukuran sebenarnya.

Prasasti Sendang Gede menurut Susanti (2010: 37) berbentuk stele berpuncak setengah lingkaran, prasasti ini juga memakai hiasan roset (ceplok bunga) di atasnya. Prasasti ini berbahan batu padas. Prasasticenderung mudah aus, meski bentuknya utuh. Hal ini dijelaskan oleh Susanti (2010 : 31) “ Hal yang menarik ialah bahwa prasasti – prasasti yang terbuat dari batu padas  pada umumnya masih berbentuk prasasti yang utuh berikut bagian pasak yang seharusnya ditanam, namun hurufnya sudah tidak terbaca lagi karena permukaannya sudah rata, hanya beberapa huruf yang masih terlihat. Jenis batu padas memang memungkinkan prasasti tersebut lebih cepat aus karena porositasnya tinggi”.

Sendang Gede di Kecamatan Ngimbang Lamongan
Sendang Gede di Kecamatan Ngimbang Lamongan
Prasasti Sendang Gede di Kecamatan Ngimbang Lamongan
Prasasti Sendang Gede di Kecamatan Ngimbang Lamongan

Tulisan dari Prasasti Sendang Gede sudah tidak terbaca lagi karena sudah lama. Hal ini membuat kita tidak bisa mengetahui isi dari Prasasti tersebut dan maksud dari penulisannya. Namun melihat lokasi sebarannya, nampaknya prasasti ini adalah prasasti tinggalan dari Raja Airlangga.

Leave a Reply